Home » Blog » Penyebab Aki Motor Cepat Tekor

Penyebab Aki Motor Cepat Tekor

Ada beberapa hal yang menyebabkan aki cepet tekor. Terutama bila tunggangan sudah mengalami modifikasi atau pemasangan aksesori tertentu tanpa adanya penyesuaian. Yakni karena bore-up, pemasangan klakson mobil atau model keong dan aplikasi lampu HID

Berikut adalah beberapa hal yang membuat aki motor cepat tekor:

1. Klakson
Banyak pemilik motor baru di Indonesia yang menggunakan klakson mobil pada kendaraannya. Akan tetapi secara tidak sadar pemasangan peranti tersebut membutuhkan suplai tenaga listrik yang lebih besar. Oleh karena itu, agar aki tidak mudah drop, disarankan untuk menambah relay untuk menstabilkan arus listrik.

2. Kiprok
Peranti berikutnya yang dapat menyebabkan aki tekor adalah kiprok. Peranti ini bertugas untuk mengatur pengisian aki. Akan tetapi, jika kiprok bermasalah atau mengalami kerusakan dapat menyebabkan aki overcharger dan mengalami penurunan performa.
Untuk mengetahui apakah pengisian aki normal atau tidak, yang perlu Anda lakukan adalah menyalakan mesin dan lampu utama. Setelah iu tarik tuas gas hingga putaran mesin antara 4.000-5.000 rpm. Pengisian aki yang bagus akan menghasilkan tegangan antara 14-15 Volt. Namun jika kuran dari 14 Volt atau justru lebih dari 15 Volt, itu berarti sistem pengisiannya tidak berfungsi sebagaimana mestinya lantaran kiprok mengalami masalah.

3. Bore up
Bore up banyak dilakukan oleh para pemilik motor. Ada beragam alasan mengapa pemilik melakukan bore up. Akan tetapi tidak jarang yang membiarkan spul dinamo starter dalam keadaan standar setelah melakukan bore up. Dan pada akhirnya, kompresi yang tinggi akan membuat dinamo starter tidak sanggup melakukan tugasnya. Jika hal tersebut dibiarkan terus-menerus, aki motor akan terkena imbasnya.

4. HID
Alasan orang mengganti lampu standar pabrik dengan lampu jenis HID umumnya adalah cahaya yang dihasilkan. Lampu model HID memang memiliki cahaya yang lebih terang dibandingkan lampu bawaan pabrik.Akan tetapi perlu diingat, peranti tersebut juga memerlukan suplai listrik yang besar. “Enggak sedikit pebengkel yang hanya pasang lampu HID tanpa adanya penyesuaian pada spul pengisian. Akibatnya aki cepat ngedrop.

5. Stop lamp
Masalah ini sering terjadi pada sepeda motor, yakni stop lamp menyala terus akan tetapi sang pemilik tidak menyadari hal tersebut. Hal tersebut akan membuat arus listrik dari aki tersedot terus selama mesin motor menyala. Jika dibiarkan, lambat laun akan membuat aki motor cepat ngedrop. Biasanya terjadi karena setelan switch rem belakang berubah atau peranti tersebut memang rusak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.